ASUS ET2300INTI AIO PC

 

tumblr_nwtr2e4yCE1tk55qbo1_1280

ASUS ET2300INTI baru memiliki layar multitouch yang lebih mulus, fitur audio lebih mutakhir, dan prosesor serta hard disk yang lebih andal.

Seiring kehadiran  Windows 8, ASUS telah memperbarui jajaran AIO-nya dengan ET2300INTI terbaru. Dijuluki sebagai the “Bintang Hiburan Rumah”, ET2300INTI adalah salah satu AIO berbasis Windows 8 yang diluncurkan ASUS.

Kabar buruknya, ET2300INTI tidak hadir dengan drive Blu-ray. Sebaliknya, dia dilengkapi drive Super-combo DVD reguler. Mengingat Blu-ray telah menjadi pilihan media mayoritas pengemar film, hilangnya drive Blu-ray tentu saja merupakan kelemahan bagi ET2300INTI untuk menjadi mesin hiburan serba bisa. Selain itu, ET2300INTI juga tidak memiliki TV tuner terintegrasi, meski pengaruhnya tergantung pada negara dan tempat tinggal.

Namun, ET2300INTI telah menjadi lebih baik dalam berbagai aspek. Misalnya, ET2300INTI memiliki layar full HD 23 inci dengan sistem 10 poin sentuhan. Selain itu, ASUS juga mengklaim ET2300INTI memiliki layar yang lebih cerah dan hidup dibandingkan pesaing lainnya yang juga menggunakan panel IPS. ASUS juga memperbaiki sistem audio dan ET2300INTI dilengkapi dengan sistem suara SonicMaster Premium.

Dari segi spesifikasi, ET2300INTI menggunakan prosesor Intel Core i7-3770 yang sedikit lebih cepat. Masih merupakan prosesor quad-core dengan L3 cache 8 MB, ia memiliki kecepatan clock lebih tinggi yaitu 3,4 GHz ketimbang Core i7-3770S dengan kecepatan 3,1 GHz. Selebihnya, ET2300INTI memiliki spesifikasi yang sama dengan ET2411INTI.

Perbandingan spesifikasi ET2300INTI sebagai berikut:

  • Layar IPS Full HD 23 inci dengan 10 titik sentuhan
  • Intel Core i7-3770 (3,4 GHz)
  • DDR3-1600 MHz 8 GB
  • NVIDIA GT 630M 2GB DDR3
  • HDD 7200 rpm 2 TB
  • Windows 8

Desain & Fitur

Rancangan stand baru ini memungkinkan ET2300INTI dilipat hingga datar untuk aktivitas kelompok. Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan tinggi dan kemiringan layar.

Dari segi desain keseluruhan, ET2300INTI banyak terinspirasi dari AIO Lenovo IdeaCentre A720. Salah satu fitur utama Lenovo A720 adalah kemampuan untuk merebahkan layar menjadi datar sepenuhnya untuk aktifitas kelompok yang bosa memanfaatkan layar multitouch-nya. Dengan cara serupa, ASUS menghadirkan kaki penyangga baru untuk ET2300INTI yang memungkinkan AIO tersebut melakukan hal yang sama. Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan ketinggian dan kemiringan kaki tersebut.

 

Di bagian belakang, ada sepasang input HDMI dan port output. Artinya, selain memperluas bentang layar, pilihan input HDMI juga bisa mengakomodir keperluan editing video, langsung dari camcorder HD. Sejumlah port I/O lain di belakang adalah Ethernet LAN, jack khusus untuk subwoofer dan jack DC-in. Tepat di seberangnya adalah kipas exhaust.

Dengan desain barunya, semua port I/O kini diposisikan di bagian dasar kakinya dan bagian inilah yang menjadi salah satu keunggulan ET2300INTI. Jika dibandingkan dengan pesaingnya dan bahkan ET2411INTI, ET2300INTI memiliki empat port USB 3.0. Selain itu, ET2300INTI memiliki dua port Thunderbolt yang dapat digunakan untuk perangkat penyimpanan eksternal dan layar eksternal termutakhir. Artinya, ET2300INTI dapat disambungkan ke tiga layar sekaligus – baik hanya dengan Thunderbolt atau campuran Thunderbolt dan HDMI.

Pada bagian kanan, ada drive SuperDVD combo, dua port USB 3.0, port eSATA, dua port Thunderbolt, dan card reader.

Di kiri, Anda akan menemukan port USB 3.0, jack headphone, dan mikrofon.

ET2300INTI juga menyediakan port input dan output HDMI. Dengan port tersebut, ET2300INTI dapat berfungsi sebagai layar eksternal untuk perangkat set-top atau konsol gaming. Selain itu, layar mutlitouch-nya juga sangat responsif dan mulus.

SonicMaster Premium

SonicMaster Premium adalah rangkaian teknologi audio yang dikembangkan oleh tim Golden Ear ASUS untuk meningkatkan kinerja audio produk yang biasanya memiliki kinerja audio buruk seperti notebook dan AIO.

Rangkaian teknologi audio ini telah diimplementasikan pada berbagai produk ASUS sejak 2010. SonicMaster Premium juga ditanamkan pada ASUS ET2411INTI. Namun, tidak merasakan peningkatan kinerja audio yang menakjubkan pada kedua produk tersebut. Faktanya, suaranya terdengar biasa saja.

 

Speaker yang didesain secara khusus berada di alas perangkat dan menghadap ke bawah untuk menyuguhkan rentang musik lebih luas.

Hal ini berbeda pada ET2300INTI karena AIO ini menghasilkan suara yang mengesankan. Menurut ASUS, ET2300INTI memang dirancang khusus untuk audio yang lebih baik. Pertama, pada bagian dasar unit ET2300INTI tertanam subwoofer dan empat speaker “internal spatial array”. Subwoofer eksternal tersebut berperan cukup penting dalam output audio keseluruhan sistem.

Bahan pemasaran dari ASUS yang menggambarkan tiga teknologi utama di balik SonicMaster Premium.

Speaker ini memanfaatkan tiga teknologi khusus, yaitu Beam-forming, Crosstalk Cancellation dan Head-Related Transfer Function (HRTF). Beam-forming menghasilkan rentang suara yang luas, sedangkan teknologi Crosstalk Cancellation mencegah gelombang suara saling tumpang tindih. Terakhir, HRTF membantu menciptakan kesan bahwa suara datang dari sekitar Anda bukan langsung dari AIO. Selain itu, terdapat aplikasi khusus MAXXAUDIO yang memudahkan pengguna memilih lima preset EQ (Music, Movies Gaming, Speech dan Recording) dan pengguna lanjutan bahkan juga dapat mengatur equalizer-nya sesuai selera.

Aplikasi MAXXAUDIO memungkinka pengguna lanjutan menyetel suara ET2300INTI sesuai selera.

Suara ET2300INTI terdengar lebih kuat dan bertenaga. Suara yang dihasilkan lebih berkarakter dan hidup dan meski bukan yang terbaik dari segi keakuratan dan kejernihan, ET2300INTI boleh dibilang tampil relatif sempurna. Bagi pengguna yang tidak terlalu memikirkan masalah suara, speaker internal yang terdapat di ET2300INTI sudah cukup memadai.

Performa

Untuk menguji performa ASUS ET23000INTI, akan dibandingkannya dengan AIO seperti ASUS ET2411INTI dan Lenovo A720. Kami juga memasukkan hasil dari Acer Aspire Z5, Dell Inspiron 2330 dan juga hasil dari dua notebook berbasis Ivy Bridge quad-core yaitu MSI GT70 dan HP Pavilion dv6. Sebagai catatan, ET2300INTI adalah satu-satunya sistem berbasis Windows 8 dan perbedaan pada OS-nya bisa mempengaruhi hasilnya.

PCMark 7

Pada PCMark 7, ASUS ET2300INTI mencatat nilai 3471, atau hampir setara dengan ET2411INTI. Dengan prosesor yang sedikit lebih baik, kami mengharapkan ET2300INTI dapat menorehkan nilai yang lebih baik. Menilik rincian skornya, kami mendapati ET2300INTI tampil gemilang khususnya pada subtes Creativity dan Computation.

3DMark 11

ASUS ET2300INTI hampir sebanding dengan Lenovo A720 dan Acer Aspire Z5. Selain itu, ET2300INTi juga mencetak perolehan sekitar 19% lebih tinggi daripada ET2411INTI. Namun, ET2330INTI bukan tandingan Pavilion dv6 dan MSI GT70, yang memiliki grafis diskrit yang lebih kuat.

Dirt 3 & Far Cry 2

Pada uji coba gaming seperti Dirt 3 dan Far Cry 2, ASUS ET2300INTI menjadi AIO tercepat di antara yang lain. Meski menggunakan grafis diskrit NVIDIA GT630M yang sama dengan ASUS ET2411INTI, Lenovo A720 dan Acer Aspire Z5, ET2300INTI berlari 10% lebih cepat berjalan pada resolusi 1680 x 1050. Namun melihat hasilnya saat berjalan dengan resolusi native 1080p, kami melihat ET2300INTI hanya sedikit lebih gesit.

Kekurangan dan Kelebihan ET2300INTI AIO PC

Secara keseluruhan, ET2300INTI AIO PC adalah sistem yang baik dengan beberapa fitur menarik dan beberapa kekurangan. Pertama, menggunakan AIO berlayar sentuh pada sistem Windows 8. Menyapu layar dan memanfaatkan fitur multi-tasking ‘Snap’ menjadi aksi yang menyenangkan. Selain itu, ET2300INTI juga memiliki layar multi-touch yang sangat responsif.

Untuk masalah performa, ET2300INTI tampil sesuai perkiraan dengan prosesornya yang telah diperbarui dan hard disk 7200 rpm yang lebih cepat membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan AIO Lenovo dan Acer. Secara keseluruhan, ET2300INTI melalui benchmark dengan hasil yang memuaskan.

ASUS bisa tampil lebih baik jika melengkapi AIO-nya dengan grafis diskrit yang lebih andal. Meski dalam benchmark gaming ditunjukkan, ia mencatat frame rate cukup layak bahkan pada resolusi 1080p, perhatikan bahwa pengujian dilakukan dengan seting grafis paling dasar dan dengan game yang cukup lama. Game terbaru tentu saja lebih membebani dan artinya pengguna harus menyetel setting grafis lebih rendah lagi atau memainkannya pada resolusi non-native. Tentu saja, pengguna yang tidak terlalu membutuhkan gaming, grafis diskrit NVIDIA GT 630M standar sudah memadai.

ASUS ET2300INTI mungkin tidak memiliki sejumlah fitur yang penting bagi sebuah mesin multimedia tapi ia menjanjikan performa andal, paket konekttifitas komplit, dan kinerja audio superior.

Untuk urusan fitur ET2300INTI, ASUS menghilangkan pemutar Blu-ray dan TV tuner terintegrasi. Dengan julukan “Bintang Hiburan Rumah”, hilangnya drive Blu-ray cukup menganggu, terutama karena ET2411INTI dan Lenovo A720 memiliki disk permutar Blu-ray. Namun  ASUS menyediakan empat port USB 3.0 dan dua port Thunderbolt pada ET2300INTI untuk pilihan konektivitas.

Selain itu, ET2300INTI mengganti kekurangannya dengan performa audio yang luar biasa. Selama ini kita harus menerima kenyataan notebook dan AIO tidak bisa memiliki audio yang baik karena keterbatasan desain dan ruang. Namun ET2300INTI mengubah hal tersebut. Suara yang dihasilkan ET2300INTI kuat dan menyeluruh; tidak seperti AIO dan notebook yang biasanya terdengar tipis dan lemah. Meski semua ini dicapai dengan bantuan subwoofer namun ia tetap memiliki kualitas suara yang luar biasa. Bahkan, boleh dibilang speakernya sebanding dengan sistem speaker desktop kelas entri.

ET2300INTI pasti hanya selangkah lebih jauh dari sempurna jika dilengkapi dengan TV tuner terintegrasi dan drive Blu-ray. Karenanya, jika mencari sistem hiburan serba bisa atau jika memiliki banyak koleksi film Blu-ray, dapat memasang drive Blu-ray tambahan berbasis USB. Namun, jika mayoritas konten media yang  disimpan dan diperoleh secara digital, maka ASUS ET2300INTI akan jadi pilihan tepat dengan layar sentuhnya yang responsif, performa handal dan kinerja audionya yang memukau.

Hardware yang Bisa Ditingkatkan Kemampuannya

Drive Super-combo DVD reguler yang terdapat pada ASUS ET2300INTI bisa diganti menggunakan drive Blu-ray, agar pengguna lebih bisa menikmati fitur yang lengkap dari ET2300INTI ini.

 

Sumber :http://www.hardwarezone.co.id/feature-asus-et2300inti-aio-pc-bersuara-sonik/desain-dan-fitur-2

Dosen Pengampu Bapak D. J. Anderson Butarbutar, S.E., S.Kom., M.M.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s